A. Pengertian
Metode Pembelajaran
Istilah metode dapat digunakan dalam berbagai bidang kehidupan,
sebab secara umum menurut kamus Purwadarminta (1976), metode adalah cara yang
telah teratur dan terfikir baik-baik untuk mencapai sesuatu maksud. Sedangkan
menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, metode adalah cara kerja yang bersistem
untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang
ditentukan. Metode berasal dari kata method (Inggris), artinya melalui,
melewati, jalan atau cara untuk memeroleh sesuatu.
Berdasarkan pengertian tersebut di atas jelas bahwa pengertian Metode pada prinsipnya sama
yaitu merupakan suatu cara dalam rangka pencapaian tujuan, dalam hal ini dapat
menyangkut dalam kehidupan ekonomi, sosial, politik, maupun keagamaan.
Unsur–unsur metode dapat mencakup prosedur, sistimatik, logis, terencana dan
aktivitas untuk mencapai tujuan. Adapun metode dalam pembahasan ini yaitu
metode yang digunakan dalam proses pembelajaran. Pembelajaran dapat diartikan
sebagai setiap upaya yang sistimatik dan disengaja untuk menciptakan
kondisi-kondisi agar kegiatan pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan
efisien. Dalam kegiatan pembelajaran tersebut tidak dapat lepas dari interaksi
antara sumber belajar dengan warga belajar, sehingga untuk melaksanakan
interaksi tersebut diperlukan berbagai cara dalam pelaksanaannya. Interaksi
dalam pembelajaran tersebut dapat diciptakan interaksi satu arah, dua arah atau
banyak arah. Untuk masing-masing jenis interaksi tersebut maka jelas diperlukan
berbagai metode yang tepat sehingga tujuan akhir dari pembelajaran tersebut
dapat tercapai.
Metode dalam pembelajaran tidak hanya berfungsi sebagai cara untuk
menyampaikan materi saja, sebab sumber belajar dalam kegiatan pembelajaran
mempunyai tugas cakupan yang luas yaitu disamping sebagai penyampai informasi
juga mempunyai tugas untuk mengelola kegiatan pembelajaran sehingga warga
belajar dapat belajar untuk mencapai tujuan belajar secara tepat. Jadi, metode
pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang digunakan untuk
mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan
praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut maka
kedudukan metode dalam pembelajaran mempunyai ruang lingkup sebagai cara dalam:
1. Pemberian
dorongan, yaitu cara yang digunakan sumber belajar dalam rangka memberikan
dorongan kepada warga belajar untuk terus mau belajar
2. Pengungkap
tumbuhnya minat belajar, yaitu cara dalam menumbuhkan rangsangan untuk
tumbuhnya minat belajar warga belajar yang didasarkan pada kebutuhannya
3.
Penyampaian
bahan belajar, yaitu cara yang digunakan sumber belajar dalam menyampaikan
bahan dalam kegiatan pembelajaran
4. Pencipta iklim
belajar yang kondusif, yaitu cara untuk menciptakan suasana belajar yang
menyenangkan bagi warga abelajar untuk belajar
5. Tenaga untuk
melahirkan kreativitas, yaitu cara untuk menumbuhkan kreativitas warga belajar
sesuai dengan potensi yang dimilikinya
6.
Pendorong untuk
penilaian diri dalam proses dan hasil belajar, yaitu cara untuk mengetahui
keberhasilan pembelajaran
7.
Pendorong dalam
melengkapi kelemahan hasil belajar, cara untuk untuk mencari pemecahan masalah
yang dihadapi dalam kegiatan pembelajaran.
Dapat dikatakan bahwa metode pembelajaran merupakan jabaran dari
pendekatan. Satu pendekatan dapat dijabarkan kedalam berbagai metode pembelajaran.
Dapat pula dikatakan bahwa metode adalah prosedur pembelajaran yang difokuskan
ke pencapaian tujuan. Jenis- jenis metode dapat dikelompokan ke dalam beberapa
pendekatan, diantaranya :
a.
Berdasarkan
pemberian informasi
a)
Metode Ceramah
b)
Metode Ekspositori
c)
Metode Tanya
Jawab
d)
Metode
Demonstrasi
b.
Berdasarkan
pemecahan masalah
a)
Metode Penemuan
b)
Metode Inkuiri
c)
Metode Eksperimen
d)
Metode
Pemecahan Masalah
c.
Berdasarkan
penugasan
a)
Metode
Pemberian Tugas
b)
Metode Drill
dan Latihan
Untuk uraianya bisa di download dengan mengklik link di bawah ini....
Untuk uraianya bisa di download dengan mengklik link di bawah ini....
0 komentar:
Posting Komentar